CLICK ME to know my BEAUTY and RICH secret.. I will tell you all my secret recipes

Monday, January 31, 2011

Kamus istilah dari Cloth Diaper

Ini rangkuman tentang cloth diaper yang uda aq pelajarin kurleb selama masa kehamilan dari berbagai milis n OL shop yg beredar dimana2.. hehehe
hopefully bisa membantu new mommies yang baru kenal cloth diaper seperti eke hehehe

Jenis Cloth Diaper

  1. Pocket Diaper Popok kedap air dengan kantung tempat memasukkan insert. Tidak dapat dipakai tanpa insert. Setelah dilengkapi insert, penggunaannya sangat praktis karena sama dengan penggunaan popok sekali pakai, atau disposable diapers (dispos).  Biasanya ada 2 sistem penutup, kancing tekan atau Velcro. Jika popok kotor, semua bagiannya, baik popok maupun insert, harus diganti dengan yang bersih.
  2. All-In-One atau AIO Popok kedap air tanpa kantung, tidak memerlukan insert, karena insert biasanya sudah dijahit menyatu dengan celananya. Biasa dijual dengan sistem ukuran, jadi tidak memakai kancing untuk pengaturan seperti diaper yang lain. Karena penyerap menyatu dengan popok, perlu lebih teliti dalam membersihkan kotoran dan kadang butuh waktu lama untuk dikeringkan.
  3. All-In-Two atau AI2 (lebih dikenal dengan Diaper Cover) Popok kedap air tanpa kantung, tetapi memerlukan insert. Insert ditempelkan di atas popok dengan kancing tekan. Kalau kotoran bayi hanya mengotori insert dan tidak mengenai popok, orangtua atau pengasuh cukup mengganti insertnya saja. Ini dapat membantu mengurangi jumlah cucian kotor dan relatif lebih ekonomis karena mungkin orangtua atau pengasuh hanya perlu memperbanyak koleksi insert. Clodi jenis ini paling cocok dipakaikan untuk baby newborn, untuk baby yang sudah mulai besar mungkin akan lebih sulit karena biasanya akan lebih mudah leak samping karena sudah mulai aktif bergerak =)
  4. One Size Diaper Popok kedap air yang disebut “one size” adalah popok yang dapat dipakai dari bayi baru lahir sampai masa potty training. Pengaturan ukuran tinggi popok menggunakan kancing tekan sementara lingkar pinggang menggunakan kancing tekan atau Velcro. Kebanyakan popok kain dapat digolongkan sebagai one size diaper. 
  5. Pull-up Diaper/ Pull up Pants Popok kedap air yang berbentuk dan dapat dipakaikan kepada anak seperti celana. Insert tidak menyatu dengan clodinya. Biasanya tak berkancing atau berkancing samping dengan pinggang yang elastis. Cocok untuk anak yang sudah tidak bisa tetap diam ketika sedang digantikan popoknya.
Bagian Popok Kain
  1. Outer Bagian luar popok. Biasanya terbuat dari bahan PUL (anti air), velour atau minky (bahannya bulu2 or suede), atau campuran polyester dengan katun. Bagian inilah yang berperan besar membuat popok kedap/anti air sehingga pee atau poo tidak mudah untuk tembus keluar clodi.
  2. Inner Bagian dalam popok, bersentuhan dengan kulit bayi. Biasanya terbuat dari bahan microfleece, suedecloth atau bamboo.
  3. Insert Kain penyerap cairan, digunakan bersama pocket diaper atau AI2. Biasanya terbuat dari bahan microfiber, baby terry atau bamboo.
  4. Soaker Pad Sebutan lain untuk insert, terutama yang digunakan untuk popok kain berjenis AI2 atau insert yang tidak dimasukkan ke dalam kantong.
  5. Liner Kain yang diselipkan di antara popok atau insert dan kulit bayi. Kegunaannya adalah untuk menampung kotoran bayi sehingga kotoran tidak langsung mengotori Insert. Apabila digunakan dengan metode AI2, jika kotor, orangtua atau pengasuh dapat mengganti liner saja dengan yang bersih. Tetapi disarankan untuk tetap mengganti insert dan liner kalau kotor untuk higienis baby =)
  6. Velcro/Aplix dan Snaps/Kancing Tekan Jenis model pengait cloth diaper yang bisa anda pilih sesuai kesukaan anda dalam menggunakan cloth diaper ke baby =)

Jenis Insert/Soaker
  1. Microfiber bahan yang hampir digunakan disemua merk cloth diaper baik lokal n import. Bahan ini bersifat stay dry, jadi tidak menimbulkan kelembapan di pantat baby. Tetapi karena bersifat stay dry, maka TIDAK BOLEH bersentuhan langsung dengan pantat baby. saat mau menggunakan ini untuk model diaper Cover atau AI2, maka diharuskan memakai liner untuk alasnya.
  2. Bamboo Bahan yang digunakan oleh produsen cloth diaper dikarenakan cepat dalam menyerap pee and poo baby, tetapi bahan bamboo tidak stay dry sehingga baby akan merasa lembap kalau isi insert sudah mulai penuh.
  3. Hemp Bahan organic yang digunakan sebagai bahan insert oleh produsen cloth diaper import (biasanya merk US). Sifatnya seperti bamboo, cepat menyerap pee n poo tetapi tidak bersifat stay dry. Dan biasanya akan digabung dengan beberapa layer Microfiber untuk bersifat stay dry.
Sepertinya udah semua istilah yang biasa digunakan di dalam dunia per-clodian uda disebut disini.. Semoga apa yang aq review bisa menambah wawasan kita bersama. Kalau ada yang kurang or salah mohon diberikan pencerahannya ya.. Wong yang bikin juga masi amatiran hihihi

No comments:

Post a Comment

Welcome! Kindly leave your comments which are very much appreciated with a thankful heart =)