CLICK ME to know my BEAUTY and RICH secret.. I will tell you all my secret recipes

Sunday, October 28, 2012

Persamaan RAISING a child dan EXPAND a business :)

Pas anak saya mulai gatel gusi krn lagi mulai tumbuh gigi, saya mulai ajarin dia gosok gigi dan lidah dengan finger tooth brush. Kegiatan ini stop semenjak anak saya sakit demam selama 2 minggu dan lanjut ke campak :( hampir 3 minggu bolong ritual sikat gigi, pas sembuh doi ogah dah nyikat gigi. Maunya cuman maen2 sikat doank sambil digigit, emaknya dari gregetan sampe pasrah dah ngadepin beginian..

Tapi dibalik kepasrahan saya, saya mulai ajarin dia dari gimana caranya mamanya sikat gigi. Jadi selalu saya sengaja panggil anak dan kasih dia pegang sikat gigi dia, terus berdiriin didepan westafel dan mulai sikat gigi didepan dia. Lama2 anak saya mulai perhatiin cara saya sikat gigi: depan, samping, depan, samping. Dan pelan2 tiap saya masuk kamar mandi, dia ikutan dan lgs bilang: gigi gigi (sambil tunjuk gigi dia sendiri).

Setelah kurleb 4bulan dari terakhir dia sakit panjang, 2 hari belakangan ini anak saya rutin sikat gigi beneran. Ga cuman liatin saya sikat terus dia maen2. Tapi dia beneran sikat giginya secara bener lho. Dan kasih saya pegangin sikatnya sambil ajarin sikat gigi dalam dan atas. Intinya, perjuangan saya selalu kasih contoh dan sample serta guide dia untuk sikat gigi tanpa dipaksa berbuah manis n berhasil :D

Lalu apa hubungannya dengan memperbesar bisnis shier?

Bisnis itu musti di manage dan di maintain plus dikasi contoh dengan bentuk tindakan asli, kalo kitanya yang jadi leader ga bisa kasih contoh dan guide bawahan kita, mau gimana mereka bisa sejalan sama kita?
Kalau kitanya ga sabar nge-guide mereka gmn kita bisa lihat hasil di mereka. Waktunya bisa sebentar dan cepet sih tergantung dari bibit orang yg kita didik ini bener sevisi sama kita or ga. Dengan sendirinya kok yg ga sevisi akan kabur duluan :p

Lalu kalau kita tidak membiasakan mereka untuk melakukan sesuatu, bagaimana mereka tahu dan terbiasa untuk melakukannya?

Jangan dipaksa yah, karena semakin kita push too hard yang ada mereka akan angkat kaki cepet2 karena merasa kita diktator, padahal mah dari sisi pandang kita supaya mereka cepet ngerti. Cuman dari sisi pandang mereka: nih orang maksa bener sih, malesin bener..

Nah cepet atau lambat hasil didikan kita, setiap hari kita rawat, kasih pupuk dan disiram air bibit kita itu pasti akan bertumbuh dan berkembang.. Nah ntar tinggal petik deh hasil suksesnya. Mereka siap menjadi leader dan menduplikasi lagi cara kerja n didik kita ke generasi selanjutnya :)

So, siapa bilang saya seorang IRT ga bisa belajar dari pengalaman hidup saya bersama anak saya? Justru life experiences itu yg paling mahal ajarin kita something yg ga bisa kita cari di sekolah apapun dan dari buku manapun.. So, be grateful with your life and don't give up easily with your people in your business, they just need more time to learn from u directly :)


Best Regards,
Shirley Lim
✆ 081282316224 | 081932627839
 29B07FBF | @ShirLeyLim
Momtrepeneur | Oriflame | owner of Kripik RATU CILIK
Http://mom-shirley.blogspot.com
Http://followshirley.co.cc
Http://bisniskayashirley.co.cc







No comments:

Post a Comment

Welcome! Kindly leave your comments which are very much appreciated with a thankful heart =)