CLICK ME to know my BEAUTY and RICH secret.. I will tell you all my secret recipes

Friday, August 19, 2011

Cara Membekukan Makanan Bayi

menemukan artikel yang memberikan tips untuk kaish tahu bagaimana caranya membekukan makanan baby specially for working mom is very helpful, karena daku bener2 kebantu sih as personal hehehe.. so, i want to share about this tips =)


Peralatan: 
wadah tahan beku bertutup, misalnya wadah pencetak es batu yang bertutup, atau plastik yang bisa dirapatkan, dan label berperekat (untuk menandai waktu pembuatan).

Yang bisa dibekukan: 
kaldu ayam/sapi, dan aneka pure/bubur buah atau sayuran, seperti apel, avokado, pisang, mangga, pir, brokoli, kol bunga, wortel, jagung, buncis, kacang kapri, dan daging. Beberapa bahan makanan berikut akan berubah teksturnya jika dibekukan, antara lain tahu, telur, kentang dan melon.
Notes: banyak pro-kontra sehubungan dengan memberikan kembali apel,pisang,pir dan avokado beku kepada baby karena warna akan berubah menjadi coklat. Nah, untuk hal ini saya rasa lebih enak kalau saya kembalikan ke tiap mommy yg mana yg lebih comfort-nya saja =)


Caranya:
  • Masukkan satu jenis pure atau bubur lembut ke dalam wadah pencetak es batu yang bersih/steril. Ratakan. Jika tidak ada tutupnya, tutupi wadah dengan wrapping plastic untuk memastikan higienis makanan .
  • Masukkan ke dalam lemari pembeku (freezer).
  • Setelah beku, keluarkan dari wadah, lalu simpan ke dalam kantong plastik. Lebih baik lagi jika Anda masukkan 2-3 potong (sesuaikan untuk 1 porsi makan baby) ke dalam kantong plastik ukuran kecil. Tempelkan label bertuliskan tanggal pembuatan dan bahan pembuat pure pada kantong plastik.
  • Segera masukkan kembali ke dalam lemari pembeku. Atur agar yang berada di deretan terdepan/atas (dan dikonsumsi lebih dulu) adalah kemasan makanan yang paling dulu.
  • Wadah pencetak es batu dapat Anda gunakan untuk membuat pure jenis lain.
 Notes:
  • I choose buat mensejajarkan makanan berdasarkan bahannya perbaris. Jadi memudahkan untuk pengambilan dan pemilihan makanan apabila mau dicampur =)
  • I choose dibekukan dulu dengan pencetak es batu supaya lebih mudah mentakar porsi baby. Btw, beda ukuran wadah pencetak es batunya berarti beda ukuran per potongan yah buat baby-nya moms.
  • Jangan pernah menaruh makanan freezer di pintu kulkas, ga bakalan tahan lama soalnya.
  • Untuk higienis, jangan memakai wadah penyimpanan yang ada bau makanan bekas sebelumnya atau yang tidak ber-BPA free. Walaupun tidak dipanasi, entah kenapa ya saya ga comfort saja dengan wadah buat baby kalau terkesan sembarangan =p

Yang buat saya happy as a working mom, dengan cara begini saya selalu bisa mencampur menu pure dan membuat menu makanan yang berbeda2 untuk baby saya selama 1 bulan hehehe.. campur sana campur sini.. Baby ga bosen makan, makanan pun habis di lahap hehehe


2 comments:

  1. kalau bubur bayi dibekukan apa tidak apa-apa dan aman untuk si bayi ?

    ReplyDelete
  2. emm, yummy kayaknya enak tuh buat bayi

    ReplyDelete

Welcome! Kindly leave your comments which are very much appreciated with a thankful heart =)